Credits to

Powered by Blogger

Saturday, April 22, 2006

Journey to Lombok [Part I]

Alhamdulillah, setelah mengalami kegamangan selama empat bulan dari Januari 2006 kemarin, akhirnya aku bisa juga mengikuti kerja sosial FKG UI di Lombok dari tanggal 16 sampai 21 April kemarin. Hal utama yang membuatku gamang untuk mengikuti kerja sosial tahun ini adalah karena waktunya yang bertepatan dengan jadwal klinik konservasi [tambal gigi] dan periodonti. Jika aku mengikuti kerja sosial, berarti waktu kerjaku di klinik konservasi akan berkurang dua hari. Sedangkan, yang namanya waktu kerja di klinik konservasi adalah amat sangat berharga dan sangat sayang bila ditinggal mengingat requirement yang harus dipenuhi cukup banyak. Selain itu, klinik konservasi adalah klinik dengan jumlah MTTW [Mahasiswa Tidak Tepat Waktu] terbanyak. Banyak mahasiswa profesi yang mengalami sandungan di klinik konservasi karena berbagai banyak faktor, di antaranya karena tidak berimbangnya jumlah kursi dental unit yang tersedia dengan jumlah mahasiswa profesi yang berada di klinik konservasi. Kebetulan, karena putaran klinikku masih murni, jadi tiap orang dari grupku masih mendapatkan jatah satu kursi dental unit setiap hari kerja klinik sehingga tidak perlu bergantian dengan mahasiswa lain termasuk angkatan yang lebih senior untuk menggunakannya. Untuk alasan itulah tadinya aku gamang untuk mengikuti kerja sosial tahun ini karena bila aku mengikuti kerja sosial, maka jatahku untuk mendapatkan kursi dental unit sendiri perhari akan berkurang.

Sebelum ditetapkan tanggal kegiatan kerja sosial tahun ini aku berpikir jadwalnya akan bertepatan dengan putaran klinik prostodonti [gigi palsu] dan bedah mulut. Jika demikian maka dapat dipastikan aku akan dapat ikut kerja sosial karena Alhamdulillah seluruh requirementku di klinik prostodonti sudah selesai dan aku telah mendaftar untuk mengikuti ujian dokter gigi di klinik tersebut. Namun, setelah mengetahui bahwa ternyata jadwalnya bertepatan dengan akhir putaran klinik konservasi tadinya aku mengurungkan niatku untuk ikut kerja sosial tahun ini. Di satu sisi, aku sangat ingin mengikuti kerja sosial tahun ini karena mungkin ini kerja sosial tahun ini adalah kerja sosial terakhir yang dapat aku ikuti pada saat statusku masih menjadi mahasiswa [kerja sosial adalah kegiatan dua tahunan FKG UI yang biasanya diadakan di luar pulau Jawa]. Alasan lain mengapa aku sangat ingin mengikuti kerja sosial tahun ini adalah karena aku ingin sekali menambah ketrampilanku dalam mencabut gigi. Berhubung selama empat bulan di klinik bedah mulut aku hanya dapat mencabut tiga gigi, itu pun dengan bantuan residen bedah mulut, maka aku merasa sangat butuh mencari kesempatan legal di luar klinik untuk dapat mencabut gigi. Kerja sosial menurutku adalah kesempatan yang sangat berharga untuk menambah ketrampilan dan pengalaman dalam mencabut karena biasanya tindakan yang paling banyak dilakukan adalah pencabutan gigi selain penambalan gigi. Selain kedua alasan tadi di atas, refreshing juga menjadi alasanku ingin mengikuti kerja sosial tahun ini. Keindahan alam dan pantai di Lombok telah menggelitik rasa penasaranku untuk dapat menikmatinya.


Oleh karena itu, untuk dapat mewujudkan keinginanku tersebut, aku berusaha untuk bekerja seoptimal mungkin di klinik konservasi. Sejak awal, aku telah memotong jadwal kerjaku di klinik konservasi dengan jadwal kersos agar semangat kerjaku dapat terpicu. Alhamdulillah, sebelum jadwal kersos tiba aku telah dapat menyelesaikan requirement konservasiku dengan persentase bersih sebanyak 82% dan persentase kotor 94%. Dengan modal Bismillah dan capaian requirement tersebut akhirnya aku memantapkan diri untuk mengikuti kerja sosial Lombok tahun ini. Oleh-oleh dari Lombok insya ALLAH akan ada pada postingan berikutnya.

No comments: