Credits to

Powered by Blogger

Friday, June 02, 2006

tentang Konservasi

Sebulan ini lagi riweh-riwehnya sama ujian Drg lisan di Departemen Konservasi Gigi alias urusan tambal menambal. Mulai dari ngelengkapin requirement jadi 100% sampe bongkar-bongkar lagi belasan textbook yang sudah dicopy dari masa preklinik yang sama sekali belum pernah dibuka buat persiapan ujian. Ternyata nih hasil dari pembongkaran terkumpullah 12 textbook saudara-saudara!!! Textbook terbanyak yang aku miliki dari semua bagian yang ada di FKG...kalo di bagian lain, paling banter cuma punya dua ato tiga textbook. Alhasil, bingung deh textbook mana yang mau dibaca duluan buat nyicil belajar. Tadinya sih niat mau ujian lisannya baru awal Juni ini, tapi ternyata pendaftaran ujiannya udah dibuka mulai pertengahan Mei, ya kepalang tanggung daripada nunggu nanti2 lagi, mendingan daftar sekarang aja deh.



Pada hari yang udah ditentuin, koordinator profesi, Drg. Kamizar, SpKG memanggil semua peserta ujian Drg Konservasi sebanyak 12 orang ke klinik. Ternyata pada hari itu akan dilakukan pengundian nama penguji! Wedew...sempet rada deg2an juga...sekali tangan kita ngambil tuh kertas, saat itu juga nasib kita di Konservasi ditentuin. Belum kelar deg2annya, ehhhh si RoSa disuruh jadi yang pertama ngambil itu kertas undian!...Kubuka dengan perlahan-lahan kertas itu...dan terlihatlah di situ kode nama dosen penguji...NK-KZ!!!It means, pengujiku adalah Drg. Nilakesuma, SpKG dan Drg. Kamizar, SpKG. Alhamdulillah wa syukurillah...kalo dari kabar burung yang beredar selama ini, beliau berdua adalah dosen paling enak ngujinya...karena selain kadang-kadang bisa disambi ngobrol, kalo mahasiswanya gak bisa jawab biasanya mereka suka mancing ato bahkan dikasih jawabannya sekalian.



Akhirnya pada tanggal 29 Mei 2006, aku menjalani ujian Drg lisan konservasi. Seumur-umur aku mengikuti ujian lisan di FKG, baru kali ini aku merasakan deg-degan yang luar biasa! Dari malam sebelum ujian, rasanya tachycardia [jantung berdetak lebih cepat] banget. Ujian berlangsung mulai dari jam 11 hingga 12 siang. Pertanyaan seputar diagnosis kasus, rencana perawatan, hingga tahap-tahap kerja. Dari beberapa pertanyaan tersebut ada beberapa yang aku jawab dengan kurang PD...dan untuk alasan itulah akhirnya mereka berdua menyuruhku untuk mengulang ujian pada hari Rabunya, 31 Mei 2006. Malam hari sebelum ujian keduaku berlangsung, psikosomatis tachycardianya muncul lagih...tapi aku telah memasrahkan semuanya pada ALLAH...Que Sera Sera...



Pada hari Rabunya, tibalah saat-saat ujian keduaku. Agak tremor juga masuk ke ruang ujiannya. Apalagi Drg. Nila bilang kalo dia akan menguji terlebih dahulu sebelum Drg. Kamizar...bakal tambah lama nih ujiannya pikirku....Sebelum mulai ujian Drg. Nila meminta izin padaku untuk mengirimkan SMS terlebih dahulu. Dan rupa-rupanya skenario ALLAH memang skenario yang paling indah. Berawal dari SMS tersebut, aku mencoba untuk mengurangi ketegangan dengan mengajak beliau bicara. Dari pembicaraan itulah kemudian malah bersambung kemana-mana. Pada ujian keduaku yang berlangsung selama satu setengah jam itu, kedua pengujiku itu hanya tentang pertanyaan yang kemarin aku jawab dengan ragu-ragu, selebihnya kami malah berbincang-bincang soal anaknya Drg. Nila, permasalahan2 di klinik Konservasi, sampai masalah ta’aruf!!!! Huehehehe...Alhamdulillah wa syukurillah! Setelah itu ujianku dinyatakan selesai oleh mereka....Subhanallah! Walhamdulillah! WallahuAkbar!!!



Untuk itu, pada kesempatan ini, aku ingin sekali berterima kasih yang sebesar-sebesarnya dari lubuk hati yang paling dalam kepada :

1. ALLAH SWT yang dengan kasih sayangNya telah memberikan pertolonganNya kepada hambaNya yang demikian lemah dan hina ini

2. Mama dan Papa tercinta : Dra. Lien Herlina dan M. Zein Sukri...makasih yah Mah, Pah atas doa dan dukungan buat Ade...semoga ALLAH SWT senantiasa mencurahkan rahmatNya pada kalian berdua...Amin

3. Dua orang dosen pengujiku : Drg. Nilakesuma Djauharie, SpKG dan Drg. Kamizar, SpKG, terima kasih banyak atas bimbingan dan obrolan-obrolan selama ujiannya yah Dok =)

4. Pasien ujian tambalanku : Kabul Wahono, yang telah demikian kooperatifnya mau aku kerjain :D...meski dengan mata yang beler datang ke klinik lantaran habis begadang semaleman di Indosat..terima kasih juga atas tips2 buat menghadapi ujiannya [kayaknya emang aku tambah endut pasca ujian nih Bul’e :p]

5. Pasien ujian perawatan saluran akarku sekaligus adek kelasku di angkatan 2005 : Mita Fauziah Damanik, yang meski pada awalnya ketakutan mau dirawat, tapi Alhamdulillah bisa nurut juga akhirnya

6. Pasien yang telah memberikan persentase requirement Konservasi terbanyak [31%] : Bapak Djeremia, meski sempet ada insiden dilabrak sama ’TTM’annya terus ketiduran pas dipreparasi saluran akar, Alhamdulillah akhirnya bisa kelar juga dua perawatan saluran akar plus restorasi onlaynya

7. Pasien yang memberikanku nilai paling tinggi selama di Konservasi atas restorasi kelas IVnya [85!] sekaligus sahabat terbaik yang pernah kumiliki : R Permono, semoga ALLAH SWT selalu memberikan rahmat dan berkahNya pada dirimu, Amiiin ya Rabb

8. Pasien-pasien konservasiku yang lainnya : Mbak Novita Sari, Ibu Asih, Ibu Inge, dan Bapak Sarman Panggabean....terima kasih banyak atas kesediaan dan kepercayaannya pada RoSa dalam merawat gigi

9. Sobat terbaikku yang kusayangin banget banget : Deasy Daniasari, Deasykuwwwww!!!!kapan yah kita mengalami malam-malam bersama seperti tempo hari lagih???Jazakillah udah mau nemenin RoSa belajar sampe jam 3 pagi meskipun ku tau matamu udah 1 watt :p...Jazakillah juga udah mau jadi pendengar yang baik soal hiperemia pulpa, pulpitis, nekrosis pulpa, abses, granuloma, sampe cupu2an :p

10. Temen-temen 2001 seperjuangan ujian konser : Eveline, Tia Herfiana, Vera Kusuma, Vidya Ayuningtyas, Agi Ardianti....segera setelah pengumuman keluar, kita musti realisasiin nadzar2 kita yah!!!hehehehe...Dufan!!!wait for us :)

11. Tukang bajaj yang belum pernah sekalipun nyupir bajaj : Samsam Usama, Jazakallah yah ’a udah mau ngerelain mata, kuping, n pulsanya buat nyemangatin RoSa belajar jauh-jauh dari Pekanbaru...moga-moga bisa cepet walimah sama teteh di Bandung ;)

12. Temen-temen grup CD kuwww: Ariyadi Prakajaya, Deasy Daniasari [again], Desly Reinina, Dewi Kurniyanti, Dhani AA, Ditha IL, Emmawati PS, Erly Zuliana...yang selalu ngasih dukungan, semangat, n perhatian buat temennya ini, meski dengan kata-kata yang sarkastis :D

13. Orang yang tidak terduga-duga dapat menyelamatkanku di ujian lisan konservasi : Ahmad Yani...makasih banyak yah k, secara tidak sengaja kk telah menyelamatkanku lantaran Drg. Nila pernah menitipkan anaknya ke kk =), smoga tesisnya bisa segera kelar Juli ini terus ke Jepang deh, Aminn

14. Orang-orang yang telah memberikan doa dan dukungannya kepada RoSa sebelum ujian : Drg. Gunarso Gunadi, PhD [dokter yang merawat orthokuwww...terima kasih banyak yah Dok atas perhatiannya], Dimas Widyasastrena [S2 EL ITB’04....makasih banyak atas tips2nya yah k...jadi kapan donk mau dicomblangin???:P], Rahmat Purbaningrat [MS ITB’01...thanx yah Matz gak pernah bosen buat bangunin RoSa buat QL], Mutiara Harvia Dewi [FKG UI’01...gak nyangka loh kamu bakal SMS malam itu, hehehe], Siti Fachmy Novianti [FKG UI’01...jazakillah ukh atas sgala perhatian dan dukungannya], Cahyanti WS [FKG UI’01...wah pas malam Senin kita sama-sama deg2an yah Yas???lantaran besoknya sama-sama mau UDG], Dini Saraswati [Bogor...duh kapan yah kita bisa kopi darat mba???], Nita Trisula [Plaza Indonesia...makasih banyak yah mba atas traktiran ultahnya yang bikin semangat!:p], Mba Elly Kuswandari n Mba Hermy [kangen banget deh sama mbaaaaa], Kuncoro Adi Nugroho [EL Trisakti’01...thanx berat atas obrolan-obrolan malam itu yah...moga lo cepet insap deh Cor...hueheheh], Zamri Rahmat [ TKim UGM’01...weits, gak nyangka bakalan dapet ’durian runtuh’ ditelpon kamu sebelum ujian Jam, kapan donk traktirannya???pan baru diterima kerja ;)], Dian Suryanata [Jakarta...wah kapan donk kamu mau berobat gigi Dian???], Tri Setiono Rachmadi [FK UnPad’01...syukron yah Tri...moga-moga Ko As kamu juga cepet kelar, amiiin], Tian Ahmad [temen SDku yang udah lama banget gak kontak, eh tiba-tiba dia tau aja kalo RoSa mau ujian, makasih yah Yan ], Nanda Praharsa [IPB ’01...kumaha kang???damang...hehehe koq ngomongnya Sunda pisan yak???], Febriman Abdillah [si Uda yang suka nyelonong aja, tapi ternyata care juga nih, hehehe tetep semangat dan optimis yah Da, kalo jodoh mah gak akan kemana deh ;)]

15. dan semua pihak yang tak dapat RoSa sebutkan satu persatu...RoSa tetap memohon doa dan dukungannya agar langkah-langkah RoSa tuk menjadi seorang Drg semakin mantap...Aminnn

1 comment:

Ari said...

nama gw cumadisebut sekali, gak seru, bayangkan cumadisebut, kaga ada ceritanye(gw lg di bawah tekanan sekarang, yang punya blog, di belakang gw ngawasin, jgn bilang bilang ye), harapan gw Ocha lebih banyak menuliskan tentang temennya yang satu ini,kan cowo satu-satunya di grup CD