Credits to

Powered by Blogger

Monday, October 30, 2006

My Beloved PC

Sudah hampir lima tahun ini hidupku ditemani oleh PCku yang setia. PCku ini memang tidak terlalu canggih. Ya spesifikasinya saja masih terhitung jadul dengan prosesor Intel Pentium III. Ada keinginan untuk mengupgradenya, tetapi apa daya belum ada biaya euy =(. Namun, Alhamdulillah dia masih bisa menjalankan hampir semua fungsi yang kubutuhkan. Mulai dari pengetikan tugas-tugas kuliah, artikel dan puisi yang sering kupublish ke blog, hingga keep in touch dengan teman-teman di dunia maya melalui chatting. Dengan kapasitas memori sebesar 10GB, PCku ini menyimpan demikian banyak data-data berharga dalam hidupku. Bahan-bahan kuliah, tulisan-tulisan yang telah kubuat baik puisi maupun artikel, koleksi artikel dan e-book hasil berbagai penelusuran, koleksi resep masakan, berbagai asesoris organisasi (proposal, surat-menyurat, proker, laporan pertanggungjawaban), foto-fotoku, mp3 murottal, nasyid, J-Melo, instrumental, love songs barat dan Indo, back-up nomor telepon semua orang yang ada di HPku (berhubung kemarin-kemarin sering kehilangan HP), sampai sms-sms yang menurutku berharga kusave dulu ke komputer sebelum kuhapus dari inbox di HP.


Selain itu, PC yang sangat kusayangi ini memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tak dimiliki oleh PC-PC lain di dunia (huehehehe, hiperbolis amirrr :D). Keunikan pertama berhubungan dengan screen saver. Screen saver di PCku ini aku set my picture slideshow. Dengan begitu, bila PC ini kutinggal untuk beberapa saat, maka tampilan yang muncul adalah semua koleksi foto-fotoku, baik foto-foto sendiri, keluarga, maupun teman-teman. Yang unik adalah bila PC ini aku tinggal saat ada tamu yang berkunjung atau ada telepon yang ditujukan untukku, maka foto-foto yang muncul pada screen saverku adalah foto-foto dari orang tersebut atau orang-orang yang sedang kami perbicangkan (ups, ketauan deh sering ngomongin orang :D). Berhubung rumahku sempit, maka otomatis PC dan telepon diletakkan di ruang tamu depan. Dengan demikian, begitu screen saver ini berjalan tamu-tamuku yang sedang berkunjung ataupun aku yang sedang teleponan dapat dengan mudah melihat foto yang sedang terpampang di PC. Mudahnya begini, jika yang sedang berkunjung ke rumahku adalah si X, maka foto-foto yang terpampang adalah foto-foto si X dan bila aku dan teman lain sedang memperbincangkan soal si Y baik secara langsung ataupun via telepon, maka yang muncul di screen saver PCku adalah foto si Y!


Keunikan kedua, berkaitan dengan lagu-lagu yang ada di winampku. Aku memiliki kebiasaan untuk menaruh semua file lagu yang ada di winampku untuk kemudian kuputar secara shuffle. Uniknya adalah, lagu-lagu itu dapat berputar sesuai dengan kondisi, suasana hati, ataupun sesuatu yang sedang kupikirkan. Pernah waktu itu sedang terjadi sebuah perselisihan yang cukup besar antara aku dan seseorang di rumahku kemudian lagu yang terdengar adalah ’Manusia Bodoh’nya Ada Band (Des, Wi...you’re the witnesses of moment that night). Lain lagi waktu suatu malam aku dan mama sedang bermellow-mellow ria mengingat masa lalu, kemudian lagu yang terdengar adalah ’Mirai e’-nya Kiroro (lagu yang bercerita tentang cinta seorang ibu kepada anaknya). Dan masih banyak lagi momen yang seringkali sesuai dengan lagu yang sedang diputar secara shuffle di winamp PCku tersebut. Saking seringnya hal ini terjadi teman-temanku dengan bergurau menyarankan agar PCku ini diruqyah!Karena menurut mereka PCku ini jangan-jangan susah ’dirasuki’ oleh ’sesuatu’ sehingga bisa demikian pintar. Aku sendiri hanya tertawa saja mendengar saran dari teman-temanku tersebut. Ah PCku...apapun adanya dirimu, tetaplah demikian, karena ku sungguh menyayangimu...(waduh...koq segitunya sama PC yah??? :D)

No comments: