Credits to

Powered by Blogger

Friday, July 27, 2007

Commonwealth War Cemetery


Ada banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang terdapat di pulau Ambon. Salah satunya adalah pemakaman tentara sekutu Perang Dunia II. Pemakaman ini terletak di Kapahaha, Tantui, yaitu sekitar dua kilometer dari pusat kota Ambon. Sebidang tanah ini merupakan sumbangan dari masyarakat kota Ambon untuk digunakan sebagai tempat pemakaman bagi tentara sekutu pada Perang Dunia II. Lokasi ini sendiri dulunya adalah pusat tawanan tentara Jepang yang kebanyakan adalah warga negara Australia.



Ada sekitar 2000 kuburan di tempat ini, kebanyakan adalah mereka yang meninggal saat menjadi tawanan Jepang, tapi ada juga yang tewas dalam perang di Maluku, Sulawesi, dan bagian lain Indonesia selama Perang Dunia II. Sebagian besar dari mereka berkebangsaan Australia, tetapi banyak juga yang berasal dari Inggris dan Belanda sebanding dengan India dan Pakistan, serta sebagian kecil berasal dari Afrika Selatan, Kanada, New Zealand, dan Amerika.


Setiap tanggal 25 April dilaksanakan peringatan hari ANZAC di tempat ini. Hari ANZAC adalah satu momen untuk memperingati para tentara yang tewas selama Perang Dunia I dan II. Banyak dari kerabat, rekan, dan veteran yang datang ke sini untuk menghormati para tentara yang dikubur di pemakaman ini.


6 comments:

iDi@N - iPpEN said...

heuhuehueu... jadi ngebayangin Rumah masa depan.... :D

NiLA Obsidian said...

auntie ochaaaaa

mizz u somad...maaf br punya tenaga buat mampir ...makasih buat semua pesan2 yg menyentuh sekali, maaf juga kalo aku ga bales....bukan sombong....ya Ntie....

mizz u somad
seneng bgt liat auntie ocha udah bisa jalan2 di sana....

Dimas said...

Ass wr wb,

Waaah, jadi ingat sejarah PD II nih. Memang dulunya daerah Papua, Maluku terutama pulau Morotai adalah pangkalan utama sekutu sebelum mereka 'hijrah' ke Filippina tahun '44, dan banyak sekali peninggalan2 sejarahnya di sana.

Hiks .. hiks .. jadi pengen ikut ke sana niih :(

Wass wr wb,

-Dimas

naya said...

Asw..
Wah, bagus nih kuburannya yaa...
Gw juga kalo jalan2 pasti maunya kekuburan.. termasuk waktu lari pagi ma temen gw.. hihihi...
wass

Anonymous said...

even I don't know much about you.
even I haven't met you yet.
I can feel your warmth,
I can feel your care.
...
...
...
...
...
...
...
yes, I'm absolutely sure
I admire you!

dik said...

ga ada komen deh gw kl soal kuburan :D

hiiii serem ajahhh.... des, gak ada yg lebih serem nih topiknya ?????

*kabur